Home » » Keamanan Diperketat saat pelantikan Raja Latuhalat

Keamanan Diperketat saat pelantikan Raja Latuhalat

Written By Unknown on Kamis, 30 Januari 2014 | 06.25


KatongNews, Ambon - Polres Ambon dan TNI perketat keamanan saat pelantikan Raja Negeri Latuhalat, Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon, Kamis (30/1).


Pasalnya polemic pemilihan Raja Negeri Latuhalat ini sudah makan waktu cukup lama, dikarenan ada beda pendapat antara warga Latuhalat sendiri.

Untuk itu walikota Ambon, Richard Louhenapessy secepatnya mengambil keputusan, untuk menetapakan Audy Salhuteru, sebagai raja devinitif menggantikan pejabat Latuhalat, R.J Talakua.

Dalam sambutannya, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengatakan,” pelantikan ini sangat makan waktu, bukan karena kami tidak peduli, namun Pemerintah kota (Pemkot) harus mengkaji sebaik-baiknya, karena ini mengenai nasip dan aspirasi masyarakat Latuhalat ke depan,” katanya.

 Dia juga katakana, kepada Raja baru, yang akan menjabat sampai 2020 di negeri ini, untuk jangan melanjutkan sekat-sekat antar sesama, namun pemimpin harus menyatukan beda pendapat yang terjadi di negeri Latuhalat.” Raja harus mampu menyatukan masyarakat yang beda pendapat, mampu merangkul semua lapisan masyarakat yang kontra sama dia,” harapnya.

Pelantikan yang berlangsung di Baileo Negeri Latuhalat dan dijaga ketat oleh personil Polisi dan TNI kodam Pattimura ini berjalan dengan aman, meski ada yang tidak setuju dengan pelantikan tersebut.

“Pelantikan raja kali ini sangat memiliki suasana cultural, karena Raja dilantik di Baileo, untuk itu saya memberikan apresiasi buat raja, masyarakat, saniri Latuhalat, yang sudah miliki Baileo,” ujarnya.

Lanjut walikota, dalam kehidupan manusia itu ada tiga komponen identitas yang harus dimiliki, yakni identitas bahasa, makanan dan budaya, karena dari tiga komponen itu, kita bisa tau darimana seseorang berasal. “ Kita harus punya identitas, karena identitas itu kita bisa tau dari mana seseorang berasal. Seperti kita orang Maluku, kita punya sagu, logat yang berbeda dan baileo, music dan tarian yang juga beda dari daerah lain,”

Walikota juga berharap kepada raja Latuhalat, Audy Salheteru, agar selalu membangun komunikasi yang baik dengan warga yang beda pendapat agar kehidupan persaudaraan di Negeri ini berjalan dengan aman.***(Aytur)
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KatongNews - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger